Tugu Bambu Runcing Digulis

Rental Mobil Pontianak – Tugu yang berada di Kota Pontianak, tepatnya di Jl. Jenderal Achmad Yani Bundaran Universitas tanjung Pura ini lebih dikenal masyarakat sekitar dengan nama Tugu Bambu Runcing, meskipun ada juga yang menyebutnya dengan Tugu Digulis.

Tugu yang berada di tanah seluas 1779 Meter persegi ini memiliki sebelas bambu runcing yang dikelilingi oleh taman dengan nuansa sejuk. Anda yang ingin mampir ke Tugu Bambu Runcing bisa menikmati suasana taman yang menyejukan bersama orang-orang terdekat anda.

Sekilas Tentang Tugu Bambu Runcing

Tempat yang satu ini sangat strategis sebagai kawasan yang biasa digunakan demonstran untuk melakukan aksinya. Keberadaan Tugu Digulis ini sebenarnya mulai tercatat pada tahun 1986 yang diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Barat pada 10 November 1987 yang berupa sebelas tonggak bambu runcing yang berwarna kuning.

Tetapi pada tahun 1995 monumen tersebut dicat ulang dengan warna merah putih, penggunaan warna tersebut menjadikan warga berpikir bahwa bambu runcing tersebut lebih mirip lipstick dari pada bambu runcing, karena itulah pada tahun 2006 monumen yang satu ini direnovasi sehinga bentuknya lebih mirip bambu runcing seperti penampakan saat ini.

Tugu Digulis

Sebelas bambu runcing ini sebenarnya berawal dari sejarah terbentuknya Serikat Islam pada tahun 1914 yang kemudian pembentukan Partai Serikat Islam pada tahun 1923. Karena khawatir dengan pergerakan tersebut akan memicu pada pemberontakan Hindia-belanda, maka pemerintah Hindia-Belanda menangkap tokoh-tokoh yang kemudian dibuang ke Boven Digul, di Papua.

Dari nama tempat pembuangan tersebutlah akhirnya Nama Tugu Digulis tercipta, tetapi hanya 3 orang saja yang meninggal saat dibuang di Boven Digoel karena 5 tokoh lain nya meninggal saat peristiwa Mandor, lalu tiga orang lain meninggal karea sakit sehingga untuk menghormati sebelas orang tersebut akhirnya dibuatlah Tuhu Bambu Runcing.

Nama-nama tokoh tersebut juga diabadikan dengan menjadi nama jalan yang ada di wilayah Pontianak, jadi ternyata Tugu Bambu Runcing / Tugu Digulis ini merupakan sejarah yang berhubungan dengan para pejuang kemerdekaan yang wajib kita hormati dan ketahui sejarahnya.

Jangan lupa mampir di Tugu Digulis atau Tugu Pancasila ya saat pergi ke Kalimantan Barat, setidaknya untuk mengambil memori indah yang menjadi saksi bahwa anda pernah ke Kalimantan Barat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *