Kerajaan Sintang Di Kalimantan Barat

Kerajaan Sintang Kalimantan Barat – Kota Sintang merupakan salah satu Kota yang ada di Kalimantan Barat dengan destinasi wisata alam yang sangat mempesona. Tidak afdhol rasanya jika anda datang ke Kalimantan barat tanpa mengunjungi Kota yang satu ini, apalagi di sana terdapat Instana Kesultanan Sintang dan Bukit Batu Kelam yang memiliki asal usul misterius.

Anda yang ingin pergi ke Sintang tidak perlu khawatir karena di sana terdapat banyak penginapan dengan harga terjangkau. Anda bisa mendapatkan hotel dengan harga Rp. 100.000/malam yang dikelola oleh Masyarakat setempat, jadi anda sekalian bisa berkenalan dengan warga sekitar.

Tempat pertama yang perlu anda kunjungi adalah Bukit Batu Kelam dan Istana Kesultanan Sintang yang menurut cerita, Bukti Batu tersebut memiliki warna hitam pekat yang dibawa oleh Bujang kelam yang tidak memakai Celana.

Sejarah Singkat Kerajaan Sintang

Sedangkan untuk cerita rakyat Istana Kesultanan Sintang berhubungan dengan Dara Juanti yang berlayar ke tanah Jawa untuk membebaskan saudaranya Demong Nutup (Adipati Sumintang) yang ditawan oleh salah satu kerajaan yang ada di Tanah Jawa.

Singkatnya, di pelabuhan Tuban Dara Juanti dihadang oleh prajurit kerajaan tersebut dan menjadi pertemuan pertama dengan patih dari Majapahit yaitu Patih Logender. Pertemuan tersebut akhirnya membuat keduanya semakin dekat dan Patih Logender pergi ke Kerajaan Sintang untuk melamar Dara Juanti.

Pada masa pemerintahan Sultan Nata, ada banyak kemajuan yang terjadi pada Kerajaan yang satu ini, bahkan pada masa tersebut kekuasaan Kerajaan Sintang meluas hingga ke daerah Ketungau Hilir dan Ketungau Hulu, bahkan pada masa ini pertama kalinya dibangun Masjid di daerah tersebut meski kapasitasnya hanya 50 orang.

Kerajaan sintang adalah satu-satunya Kesultanan yang ada di Kabupaten Sintang yang masih eksis hingga tanggal 1 april 1960 M. Sejak tahun 1966 Sintang adalah daerah Tingkat II di Provinsi Kalimantan Barat (Kabupaten). Setelah reformasi, Sri Sultan Kusuma Negara V bergelar Pangeran Ratu Sri Negara Raden Ichsani perdana Tsafiudin yang merupakan putra dari panembahan Raden Abdulbahri Danu Perdana yang dijadikan sultan Kraton Al Mukaramah Sintang.

Itulah beberapa sejarah yang berhubungan dengan Kerajaan Sintang, jadi bagi anda yang pergi ke Kalimantan Barat wajib mendatangi kerajaan bersejarah yang satu ini.

Kerajaan Sintang terletak 395 km dari kota Pontianak. Untuk Anda yang sedang berada di Pontianak dapat menggunakan jasa sewa mobil Pontianak dari CV. Rizky Jaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *