Keraton Sambas Kalimantan Barat

Keraton Sambas merupakan sebuah kerajaan yang lebih dikenal dengan Negeri Sambas, pemimpin nya adalah keluarga Sultan Kerajaan yang dibandung pada tahun 1662 Masehi. Kerajaan tersebut berada di puncak kejayaan pada tahun 1757 Masehi sehingga masyarakat mulai memiliki perekonomian yang bagus kala itu.

Raden Djamak yang memiliki gelar Sultan Oemar aqqamaddin(II) naik tahta menggantikan ayahnya Sultan Abubakar kamaluddin yang merupakan keturunan dari Sultan Hasan ibnu syaiful rizal. Keraton sambas ini juga dikenal dengan sebutan istana “AlwatzikHoebbillah”, anda bisa mencari tahu lebih lanjut tentang arti nama tersebut.

Konon Raja sambas katanya memiliki saudara di Bruneri yang menjadi Raya di daerah tersebut, raja Brunei yang merupakan keturunan China membuat artian bahwa Raja Sambas juga merupakan keturunan China.

Pada masa masuknya Jepang ke Indonesia, ternyata Sultan Muhmmad mulia Ibrahimdi Meninggal dibunuh oleh pasukan Jepang. Lalu Sultan Tsafiuddin juga meninggal karena sakit yang sudah tua, bahkan sebelumnya beliau diberi gelar sebagai Sultan Tua karena paling lama menjabat di Keraton Sambas ini.

Pusat pemerintahan Keraton Sambas ini sebenarnya berada di sebuah Kota yang kecil dan sekarang masih dikenal dengan nama Sambas. Untuk sampai di Kota ini, anda perlu menempuh jalan darat dari Kota Pontianak ke arah Barat laut sejauh 175 km, lalu Kota Mempawah, Singkawang, Pemangkat, barulah Kota Sambas.

Sungai Sambas sendiri sejak awal dibentuknya sudah lama dihuni oleh Manusia, bahkan mereka bertempat tinggal di tepian sungai dengan rumah rakit / rumah yang didirikan di atas tiang. Di sana juga terdapat beberapa bidang tanah yang memiliki bangunan, yaitu dermaga tempat perahu bersandar, dua buah gerbang dan paseban, kantor tempat sultan bekerja, dapur, masjid dan beberapa tempat lain.

Bangunan keraton Sambas ini menghadap ke arah Barat sungai Sambas, kearah Utara dari dermaga juga terdapat sungai Sambas kecil, dan kearah Selatan ada Sungai Teberau. Sedangkan di sekeliling Keraton Sambas tersebut adalah daerah rawa-rawa, disekitarnya juga terdapat makam keluarga Sultan.

Sewa Mobil Pontianak ke Keraton Sambas

Anda yang ingin pergi ke Kalimantan Barat sebaiknya mengunjungi Kerajaan Sambas yang satu ini agar lebih mengenal sejarah kerajaan yang pernah ada di Indonesia. Terletak di Dalam Kaum, Kecamtan Sambas, Dalam Kaum, Kecamtan Sambas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat 79462. Untuk Anda yang minat berkunjung ke tempat ini dapat sewa mobil Pontianak di CV. Rizky Jaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *